Selasa, 07 Juni 2016

BaRa SuArA..


Halo bloger lama tak bersua..
Saya datang membawa bara baru dalam kancah pergulatan musik tanah air. Ada nama group anyar yang hampir satu tahun belakangan ini jadi topik hangat para musisi amatir maupun pro di jogja. Saking antusiasnya salah satu drumer yang saya kenal akrab,mengcopy kan seluruh track band bernama BARASUARA ini ke dalam playlist saya.

Nah tanggal 3 Juni kemarin saya memenuhi rasa penasaran ini dengan menyaksikan secara live pertunjukan mereka yang disponsori sebuah icon rokok bertajuk URBAN GiGs. Saya sengaja ambil spot ditengah tengah arena agar dapat qualitas balance sound terbaik.. Saya berdoa smoga sound system tak menemui kendala.

Terus terang sejak saya dengar nama ini. Saya sengaja tak banyak googling agar penilaian saya tidak terpengaruh asumsi lain. Ini penting untuk diri saya sendiri untuk mengukur seberapa jujur saya menikmati sebuah karya. Ciee sok iyee.. Saya hanya sedikit saja tahu kalau band ini diramu oleh musisi musisi yang sudah wara wiri dipanggung live sebagai season player artis top.

Jreeeng.. Tiba saatnya mereka beraksi penonton yang memenuhipun(sedikit berdesakan) mulai gemuruh antusias sekali. Baru saja intro penonton sudah bernyanyi.. Lagu demi lagu pun dibesut dan saya tenggelam di dalamnya..liat sendiri videonya yang sempat saya abadikan .

Malam itu saya seperti mendengar musik New the door tapi dengan lagu folk kental..bukan dark song jim morison. Entah ya rasanya seperti the door dengan bright song gitu. Unik juga. Apalagi liriknya nyastra. Tidak semua memang, dibeberapa track ada juga bau bau zeppelin. Sound gitar yang menjadi kekuatan band ini sebenernya tidak istimewa istimewa amat, juga skil-nya.Banyaklah musisi dengan kemampuan seperti itu bahkan melampui itu juga banyak, tapi band ini sukses meramu folk dan lirik yang berbobot (sekarang jarang euy) serta bunyi yang tercipta "laki" banget. Biasanya Folk serta puisi cenderung feminim hasilnya.

Saya sih menikmati begitu juga penonton yang rela agak gerah (padahal outdoor). Ada sih dibeberapa part, second gitarnya level soundnya kurang naik, padahal isiannya asik. Trus vocal cewek yang tidak terlalu berkontribusi malam itu. Juga kelucuan karena lagu sudah habis tapi masih harus/ingin/tak tega sama penonton akhirnya mengulang lagu awal.. Satu lagi, entah karena kelelahan tour yang padat atau apa. Makin kebelakang energinya tak setegas di track track awal. Agak lemes gitu. Cuma basisnya yang kelihatan tidak pernah kendor. Tapi lumayan puaslah..

Kesimpulan atas besutan Band baru bernama BARASUARA ini. Mereka pas meramu pas juga dapat momennya. Mereka seperti membangkitkan era dimana gitar difungsikan sebagai mana mestinya. Yang tidak main aman di notasi notasi manis. Basnya juga asik malah ada kesan nggitar daripada mbasis (aduh maafkan istilahku ya wkwk maklum bukan musisi). Drumnya? Dapet juga galaknya kok.

Akhir kata Jaya Musik Negeri

Note:
Videonya harus lewat youtube dulu..jadi video nyusul ya..




5 komentar:

  1. Lama tdk liat resensi tajam..skhirnya muncul jg..

    BalasHapus
  2. Sudah 3 tahun, akhirnya nongol lagi xixixixi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakabar bray.. Iya mendadak kangen ├▒geblog hehe..

      Hapus
  3. Wah bray baru muncul lagi nih udah lama gak ngeblog mohon maaf lahir batin ya bray.

    BalasHapus

mariiiiiiiii