Senin, 12 Januari 2009

kOiL... Cadas Yg Nyastra..



Semua setuju koil group dg skill asik..Meskipun dah ga segarang & sekenceng album sebelumnya, waktu di bawah naungan Project Q (Slank jg Berawal dr sini).Tp Kelihatan lebih matang n Dewasa..Dulu sih beatnya edaaaan kencengnya..secara nafas undergroundnya berasa.aku bayangin pemain drumnya pasti manggil tukang pijet kl bis manggung hihi..

Aku nggak akan bahas musikal anak2 Koil,coz mang nggak diragukanlah..meskipun kadang nyerempet metalica..tp Ajib lah pkknya..Palagi mereka org2 lama malang melintang di panggung.. Tp Aku agak nggak ngerti Dani Ahmad jd futuringnya.Rasanya Ga penting bgt deh..Ga juga bikin lagunya jd "lebih"..Kupikir Band ini powerfull kok.Tp kl udah bilang trick jualan, mo bilang ap lagi..(atau jgn2 trik dhani aj,karena pernah dikecam komunitas underground Bandung ya,karena pernyataannya yg ga penting ttg musik underground hehehe.. piss mas Dhani..)

Yg menggelitik n menarik perhatianku justru lirik2 lagunya.Aku nggak nyangka aja mereka maenin sastra.Coba simak di beberapa lagunya ini:

MENDEKATI SURGA.aku adalah arsitek.aku adalah pionir.bahkan orang buta pun sadar.aku hanyalah pembual.tanpa rasa.tanpa raga.surga di hati.terbawa mati.ikuti rasa.jejaki halusinasi.aku adalah arsitek.merekonstruksi tubuhmu.bahkan membaptis kesadaran.menjadikanmu diriku.aku adalah arsitek.aku adalah pionir.akan kurancang dunia.menjadikannya diriku.

KITA BISA DISELAMATKAN.tersenyumlah bagaikan masa silam.saat masa depan tak pernah terbayang.hilang dalam lamunan.tertawalah sebelum ditertawakan.semua ini hanyalah guyonan.samarkan kenyataan.sampaikan padanya.aku masih disini.mencair menikmati.tak akan pernah berlari.dari masa depan. dari kenyataan.alangkah indahnya asap ini.bagaikan cinta yang tak kumiliki.nikmati hembusan.dengarkan suara lensa kamar putih.tulangku terasa dingin dan ringkih.raga ini terasa melemah."sebab di bawah kolong langit ini.tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia.yang oleh Nya kita dapat diselamatkan"

Bantulah Kami Melihat.harapan kerinduan.kelahiran akan.menjadi mimpi kami.menangisi jaman.surat ini sogokan ini
tak akan mampu membeli.peran yang kau harapkan.darah ini tanah ini.tak kan terbeli meskipun.beban menyakitkan.sekian kali kita disuapi.ke sekian kali kita dibeli.
tanggalkan kebodohan.tinggalkan masa depan.C C C P pelajaran.pemberontakan norma.
surat ini menepis mimpi.bantulah kami melihat terang.yang mendamaikan hati cairkan benci.meminta berdoa dan percaya.terselamatkan

Aku tertegun juga dengan lirik2 itu,ada beberapa lagi,cm tar kepanjangan kali yeee..Kedalamannya nggak bs dianggap enteng.Tebakanku, penulis liriknya penikmat buku.Apes2nya ni orang yg punya perjalanan/pergolakan batin yg ajaib,.tp ya itu kan cm tebakan..Pokoknya di balik cadas ni band jg disadari ato nggak dah maenin sastra di musik mereka..Kereeeen..

11 komentar:

  1. Ga segarang album sebelumnya..??
    waaa ..jadi Aga aga.. "Metalkitty" donk sekarang hehehe, tapi masih tetep seep...dah!!klo lebih harsh ato growl ke nya lebih seru dengan lirik itu ..xixix
    \,,/\,,/

    BalasHapus
  2. pokoke asal musik ... wis seneng bener aku...
    apalagi yang garang... wadow...

    BalasHapus
  3. Keren...Koil tambah dewasa sekarang

    jadi gak segarang kayak album sebelumnya

    BalasHapus
  4. tak maungkin aliran seperti itu bisa bercengkrama dengan syair......peace.

    KOIL feat MATAHATI kaliye

    BalasHapus
  5. Tapi iya juga, syair modern, powerfull....

    BalasHapus
  6. bagus ya KOIL?? tp klo liat reviewnya dan liriknya boleh juga neh.. jadi pengen tau banyak :)

    thanks ya reviewnya...

    BalasHapus
  7. hai sobat semoga berkenan dan mari bersuka...
    http://suryaden.blogspot.com/2009/01/award-dari-atca-griyaunik.html

    BalasHapus
  8. selamat dapet award dari suryaden, memang pantes kok mata hati dapetin awardnya. mata hati setajam syair2nya KOIL....

    BalasHapus
  9. Koil kok kayak Sonetanya Rhoma Irama ya...
    Gerakan tangannya serentak seperti dikomando

    BalasHapus
  10. Aku koq katrok banget ya... hare gini aku baru denger grup ini.... thank reviewnya mbak...

    BalasHapus
  11. wah, aku malah baru tahu tentang koil.
    kalo airan2 gitu, soalnya aku sukanya cuma paling sepultura. yang agak 'dingin' dikit ya megadeth atawa metalica.

    thanks buat infonya. aku mau coba cari 'bahan' koil, buat mencobanya.

    :)

    BalasHapus

mariiiiiiiii