Selasa, 16 Maret 2010

JeJak KaKi MuSiSi InDoNeSiA yG bErKiBaR di DuNiA

Go international adalah mimpi banyak musisi di Indonesia. Siapa sih yg ga pengen namanya berkibar di dunia musik luar. Menguasai pasar Malaysia dan Singapura dianggap blum apa-apa. Berapa artis coba yg pernah kita dengar tekadnya untuk go Internasional.Sebut saja Agnes,Ahmad Dhani dll.. Bahkan beberapa artis udah brani nyebut diri go Internasional ketika dapat tawaran manggung di Hongkong,Jepang, Australia bahkan Amerika. Usut punya usut mereka di undang oleh Mahasiswa yg belajar disana atau asosiasi TKI.hmm yang nonton orang kita juga,paling beberapa gelintir orang sananya yg memang kebetulan teman mereka.hoho..

Selama ini kita hanya tahu,musisi/penyanyi kita yg bertengger namanya di kancah dunia mungkin baru Anggun C Sasmi. atau Daniel Shuleka eit..dia cuma keturunan Indonesia.

Ternyata eh ternyata ada beberapa nama yg mengejutkan trade recordnya di kancah musik Internasional.Nih mereka:

THE TIELMAN BROTHERS

Mereka Group Indonesia yg hijrah ke Belanda. Sapa sangka nasib baik membawa namanya melambung tidak hanya di Belanda, juga Jerman.Puluhan album sudah berhasil mereka lahirkanrkan. Mereka memainkan Rock & Roll di era 50an. Musiknya terinfluent Elvis Persley.Tapi rock & Roll yg mereka mainkan sebelum era Beatles lho..Eh gini..Sebelum Beatles mainin musik jenis ini mereka udah mainin duluan..gitu. Bahkan The Beatles pernah menonton pertunjukan mereka di Jerman. Gosipnya lagi Sang Maha Dewa Gitar Jimmy Hendrix juga terinspirasi permainan gitar The Tielman Brothers ini.
mo lihat aksi2nya? klik ini http://www.youtube.com/results?search_type=&search_query=THE+TIELMAN+BROTHERS&aq=f


ROBIN HUTAGAOL Aka OXEN (Alm)

Mpe skarang mendiang Robin menjadi figur penting dan disegani oleh scene metal ibukota bahkan Indonesia.Seorang duta besar metal yang rajin mempromosikan band-band metal Indonesia di luar negeri spt Eropa atau Amerika. Salah satu obsesi Robin adalah mengorbitkan kancah metal Indonesia menjadi salah satu scene terpenting dan diperhitungkan di dunia. Robin dikenal teman-temannya sebagai metalhead yang humoris, loyal, ambisius, pekerja keras dan sangat taat beragama.. Ia merupakan salah satu dari sedikit orang di Indonesia yang sangat percaya kalau musik metal bisa menjadi sandaran hidup. Dedikasinya pada musik metal tak dapat diragukan lagi.

Tampilnya Brain The Machine dan Noxa (Band dimana dy bergabung)di luar negeri adalah berkat lobi-lobi cekatan Robin.Mereka tampil di Helsinki, Finlandia di sebuah metalfest terbesar di kawasan Skandinavia, Tuska Metal Fest 2008. Konser yang digelar tiga hari berturut-turut ini juga menampilkan Slayer, Kreator, Dimmu Borgir dan mencetak 44.000 tiket sold out dalam waktu singkat. Respon yang didapat Noxa tergolong luar biasa, ribuan penonton bersorak sorai dan memanggil-manggil nama mereka dari awal hingga akhir pertunjukan. “ Di lagu terakhir saking nervous dan lemesnya dengkul, gue sempat main salah dan terpaksa kami ulang, tapi penonton di sana bukannya menyoraki tapi malah makin menyemangati kami. Gokil! Itu adalah konser terbaik yang nggak akan gue lupakan seumur hidup!,” Begitu pengakuannya.
Dan obsesinya ini walau perlahan cukup terbukti. Sutradara film dokumenter metal terkemuka di dunia, Sam Dunn, akhirnya memilih Ishkabible sebagai lokasi syuting filmnya yang berjudul Global Metal. Robin saat itu sempat berkata walau tidak secara langsung terlibat di dalam film ini namun ia sangat bangga menyaksikan film tersebut. Melihat scene metal Indonesia menjadi satu-satunya scene di Asia Tenggara yang dipilih oleh sebuah film dokumenter tingkat dunia.



BALAWAN

Musisi kelahiran bali dengan teknik gitar touch technique dipadu dengan gemericik cengceng, rindik, reong, suling, genjek, kemply, simbal, dan kendang. Instrumen khas gamelan Bali ini sengaja menjadi teknik Balawan yang menggunakan delapan jari pada gitar. Bak memainkan piano, tangan kiri meramu kord dan bas, sementara tangan kanan membetot melodi.

Musisi ini dah tak terhitung kiprahnya di panggung-panggung Internasional. terakhir Balawan manggung di sejumlah festival gitar di Eropa, seperti di International Guitar Night di Jerman, Maret 2009.



No Man’s Land.

Grup yang memainkan musik skin head yang berakar pada punk ini sudah menelurkan lima album lagu dan satu album kompilasi berbahasa Inggris, yakni Separatist Tendency (1994), Punk and Artscholl Drop Out (1996), Punk Hey Punk (1997), Grow Away from the Society (1998), dan All Together Now (1999). Satu lagu berjudul You and Me bahkan masuk dalam album kompilasi Antidisco League (2007) bersama grup band beraliran skin head dari Benua Amerika dan Eropa.

Dian Samudra, yang akrab dipanggil Didit, gitaris merangkap vokalis No Man’s Land, mengatakan rata-rata penjualan albumnya mencapai 5.000 kopi. “Sebagian besar laku di Malang.” Album Punk and Artscholl Drop Out dijual hingga ke Jerman. Album Punk Hey Punk diproduksi dan diedarkan oleh komunitas punk Malaysia. Kasetnya menyebar sampai ke Australia, Singapura, dan tentu Indonesia.



Masih banyak musisi2 kita terutama yang berjuang di jalur minor. Alias Indie.Yang justru lebih dikenal di luar Negri di banding negri sendiri..So..Semoga ini menginspirasi bagi yang tengah patah semangat.. siapapun baik musisi ato bukan.. Lets Get Loud..!!!

19 komentar:

  1. mereka para musisi yang berbakat ataukah bernasib mujur? entahlah yang pasti kiprahnya telah mengharumkan nama indonesia.

    kapan2 review bang iwan fals dong,,,

    BalasHapus
  2. Fi: Bang Iwan sang Indonesian Hero kata majalah dunia TIME..tunggu aja sisi lainnya yg di sentuh..heuheu

    BalasHapus
  3. woooow, thanks infonya sista....
    ternyata meeka malah kondang di luar negeri yak...
    jadi penasaran ama kaset punk hey punk neh... :-)

    BalasHapus
  4. duh, the tielman brothersnya masya alloh....
    salute dah tuk mereka.... dan makasih neh sayah baru tahu mbak... :-)

    BalasHapus
  5. makasih dah mamir ya mba......wakh memang banyak musisi yang ingin go internasional......tapi bagaimana yang skr, banyak yah. mereka dapatkan dari jejak jejak itu

    BalasHapus
  6. jejak kaki yang mbisa membuat dreams kams tru

    BalasHapus
  7. walaaah saya baru denger nih! iya musisi yg manggung di luaran tu ternyata undangan dari orang2 kita juga.. yah sama juga dunk :)
    naah yang di atas ini kayaknya emang paten2 deh :)

    BalasHapus
  8. aku kenale baru belawan, ayo musisi indonesia yang laen taklukkan dunia........

    BalasHapus
  9. saya masih kecil..waktu zaman mereka neeh

    BalasHapus
  10. wooooow ada balawan
    asiiik

    BalasHapus
  11. salut buat mereka....(buat mata hati juga..)

    BalasHapus
  12. dari sekian musisi yang pernah dengar cuma the tielman brothers

    BalasHapus
  13. bacaan yang menarik. jadi tau nh ttg mereka. td juga di tv ada lagi yang diulas, sandy s, eksis di Jerman, dan punya visi internasional.wew, gitu ya, the tielman brothers..ck..ck..ck..

    BalasHapus
  14. aduh,ga nyangka mereka sangat dikenal kaya The Tielman Brothers,wellekh....malah udah jadi inspirasi musisi ngetop dunia.4 jempol deh,buat kalian semua

    BalasHapus
  15. beuuuhhh... balawan... keren banget!

    BalasHapus
  16. sepakat ma ichanx.
    jemarinya keriting banget diatas senar

    BalasHapus
  17. aku datang berkunjung dgn formasi dan PR baru..semoga mav terucap dari mu oleh sebab aku lama ga silaturrahim ke sini

    BalasHapus

mariiiiiiiii