Kamis, 22 Januari 2009

ThE DaNtE cLuB



Akhirnya selesai juga buku yg dah lama kubeli ini kubaca.Aku sering cm bisa memandangi nanar setiap mataku menatap cover yg mulai lusuh.Gimana nggak,Waktu terindah untuk melampiaskan hoby bacaku, adalah saat menjelang tidur, sambil ditemani teh jahe n alunan biolanya si sexy vanesa mae.Tapi hampir 7 minggu belakangan kerjaan membuatku pulang dalam kondisi sangat sangat mengantuk..jd ya..gt deh..

Buku ini berlatar belakang thn 1800 an. Dimana banyak tekanan norma,diskriminasi dan isu2 religi (katolik) begitu kuat, berdampingan dengan begitu hebatnya sastra berkembang pada masa itu. Serangkaian pembunuhan yg terjadi pada tokoh2 besar membuat intrik misterinya jadi pesona buku ini.Harus ku akui detil cerita yg di bangun amat brilian.Aku percaya riset yg di lakukan pasti sangat2 serius dari mulai budaya dsb dsb terutama menyangkut Boston pada masa itu.

Mattew Pearl berusaha menokohkan kelompok Dante ini laksana detektif yang memecahkan serankaian misteri pembunuhan di saat polisi benar2 kelimpungan.Kelompok Dante ini menemukan motif persis seperti rangkaian adegan cerita Divina Commedia terutama di bab neraka(infeno).Saking teliti dan lihainya Mattew menggarap detil,dia membawa kita seolah sedang mengamati suatu sejarah.Mungkin karena ini jg dia dianugrahi award Dante yg prestisius itu. Ya untuk seorang yg menyandang gelar sarjana sastra Inggris dengan predikat summa cum laude nggak mengherankanlah..

Tapi entah kenapa, aku nggak nemu perasaan yg terhipnotis sedemikian hebat seperti aku baca karya Anton chekov dan Pramoedya ya..Nggak tahu seperti ada kekuatan lain di balik setiap kata2nya.Mungkin mereka menyentuh hal hal yg Humanis.Sedangkan Mattew terlihat terlalu "megah" dan terlalu"cerdas".hihi..maap ya pa mattew.But..Buku ini mempesona dengan segala detil yg "luar biasa" itu..Nice Job Pak mettew..

30 komentar:

  1. wah....seneng baca juga selain menulis,,,,bagus lah,,,Tp...kemana saja teh....apa lg byk sibuk

    BalasHapus
  2. wah....seneng baca juga selain menulis,,,,bagus lah,,,Tp...kemana saja teh....apa lg byk sibuk

    BalasHapus
  3. Kalau gak salah kan dah difilmkan yaa ? Bintangnya Pierce Brosnan kalau gak salah... Apa salah ??? Hehehehe....

    BalasHapus
  4. yang penting selesai mbacanya... boleh pinjam?

    BalasHapus
  5. nanti kalo udah habis baca, pinjamkan saya ya..Saya senang buku - buku bersetting dulu...

    BalasHapus
  6. hmmm..ternyata mbak ini suka baca sastra juga ya...hebat, saya jadi ngiri....he..he..

    BalasHapus
  7. sebenarnya, aku mau tuliskan di comentnya awardoh-award, tapi begitu klik muncul si bX-gx8a60, akhirnya gw timpuk aja di sini, moga2 aja gw gak dimarahi, :)

    Ngerjakan PRnya disini aja yach:
    1. Dari Mana Blog Kalian Berasal? dari ketikan jari jemari aku yang terconect dengan sinyal otak kanan dan kiri dan sinyal mata, dengan bantuan kaca mata pelindung (google)

    2.Kapan dilahirkannya blog kalian? dari postingan yang pertama kali bisa dilacak -->
    http://duniamaya98.blogspot.com/2008/09/salam-kenal.html

    3.Kesulitan apa saja yg ada saat membuat blog kalian? tidak ada, tinggal copy paste aja yang ada di otak kanan dan kiri..

    4.Mengapa membahas topik yg kalian bahas skrng?
    jawabannya idem diatas sebelumnya...

    5.Kenapa tampilan blog kalian menggunakan templete itu? biasanya baju-baju di kamar operasi warnanya ijo, jas dokter IDI juga warnanya ijo, makanya warna ijo kayaknya udah seperti warna identiknya dokter indonesia... (sok tahu aja yach gw ini :) padahal belum tentu benar...

    6.Apa yg pertama kalian lakukan saat blog kalian baru jadi? gw dengerin lewat stetoskop dulu aja, masih ada detaknya apa tidak, coz judulnya deg.degan.

    btw, sesibuk apapun tetap harus jaga yang satu ini, kesehatan. OK.... :) dan selamat udah bisa menyelesaikan membaca satu buku...

    BalasHapus
  8. Salam kenal, Mbak!
    Aku jadi tertarik pingin baca...!

    BalasHapus
  9. nanti cari-cari ebook nya ah :(

    BalasHapus
  10. hhmm saya mah duh boro2 nyelesain baca buku...beberapa buku yang saya beli semua sampul ma dalemannya masih wangi heheeh alias belum ta baca

    BalasHapus
  11. betul mbak, buku berlatar belakang sejarah menggiring kita masuk dalam dimensi waktu itu. Dan pengarangnya berhasil menghadirkan nuansa itu.

    BalasHapus
  12. mmmmh.. salut, bacaannya kelas berat ini :) cerdas!

    BalasHapus
  13. @Bang Ir
    iy kang..tp dah kyk dl,nyaris ga kebagian waktu hiks..
    @itempoeti
    oya...ak mlah ga th sob..wah boleh jg tuh,thx infox
    @suryaden
    eiiit ad jaminan ilang ga neh..hihi..
    @randualamsyah
    ni buku dah lama dibeli n ru selesai..terlama dlm sejarah membacaku hihihi
    @boykesn
    tar kalo ak dah nerbitin buku sdri baru bleh ngiri..hehe
    @duniamaya98
    iyalah hajaaar disini jg gpp,tp pertanyaannya kyknya bkan itu deh wkwkwkwkwk
    @Shanty Mahanani
    salam kenal..met baca ya,jgn lama2 kyk ak hihi
    @sibaho
    yups..ajarin aku cr ebook ya
    @omiyan
    tenang aj fungsi lain buku selain dibaca,juga bs buat ganjel pintu kok heuheu
    @bagus pras
    yups..ak sering berhayal hidup di jaman itu,seru
    @belly wijaya
    sp bilang wong aku kelas bulu je hehe..seneng bs baca coretanx ne..
    @casual cutie
    thx dah singgah ya..dah baca jg ya..

    BalasHapus
  14. dari ngeblogging, ngedengerin musik sampai melahap buku2 terkenal kok masih sempat2nya berkunjung ke teman2 di maya...., ajarin saya memanage waktu mbak....

    BalasHapus
  15. slmt pagi,mbak Yayan.
    saya link blognya boleh?
    salamku

    BalasHapus
  16. Selamat Pagi Mba'....
    salaman dulu....
    salam kenal..

    BalasHapus
  17. Sepertinya buku ini rekomended untuk dibaca. Thanks untuk reviewnya.

    BalasHapus
  18. mba Yayan...nama kita mirip ya cuma beda n hehehe maksa banget.

    berkali2 Yaya maaen kesini baru kali ini liat gambar mb yayan, taunya yg dipake avatar tok hehehe tak liat2 yang avatar kok mirip dina lorenza ya. Ah apa memang yayanya aja yang memirip-miripkan hehehe

    udah ah jadi nglantur...mba Yaya pinjem bukunya ya..ngrayu :D

    BalasHapus
  19. belum baca bukunya,.. tak apalah. salam kenal...

    BalasHapus
  20. Wah saya gak suka baca novel, malas hueheuheu... Lebih baik baca artikel tentang SEO aja deh :D

    BalasHapus
  21. Halo mba salam kenal yah
    Boleh pinjam gak bukunya? :)
    Barter yuk.........

    BalasHapus
  22. hiks..aku gak pernah selesai baca buku akhir2 ini...selalu terpotong di tengah jalan

    BalasHapus
  23. Apa terlalu rasional ... kehilangan sentuhan dibandingkan Pram Anton kali ya ...

    BalasHapus
  24. Saya speechless (karena belum baca.. he.. he.. ). Saya ke sini cuma kangen lama absen. Yah, itung-itung sambil nunut minum teh jahe ditemani si Vanesa... asyik dah, pokokna.. :D

    BalasHapus
  25. @nirmana
    itulah kenikmatan ad hot spot dimana2 mz,palagi kerjaanku mobile n byk nunggu hihi..
    @langitjiwa
    Silakan dengan senang hati..salam hangat..
    @tuyi
    jabat erat boz..seneng bs disinggahi
    @imamnic
    met baca..jgn kaget,awalnya mang allurnya agak lambat jd mesti sabar..
    @cahaya
    Dinanya yg mirip gw kalee huahaha.. np ga mirip cathrine wilson ya....??gudubrak..
    @kenuzi50
    Ga harus baca kok tenang aj boz..lam kenal jg.thx dah singgah
    @- s L i K e R s -
    Nyantai aj sob..km ngintip kesini aj dah seneng kok..
    @anny
    Tawaran menarik ne..py koleksi ap ne,jgn yg tebel2 ya hihi..
    @pingin ngeblog
    Gpp kalo kepotong..sambung terus aj hihi
    @HE. Benyamine
    Bisa jadi..or terlalu di seting jg x ya,krang ngalir gmn gt..
    @Hejis
    Seneng dikunjungi lg..silakan disruput minumnya..he

    BalasHapus
  26. saya pernah baca buku itu kalau tidak salah

    BalasHapus
  27. casual cutie udah cari2 bukunya tp ga ada. jd penasaran nih..casual cutie jg hobi baca...hikkkss

    BalasHapus
  28. Wah ganti genteng ya..
    bagus okey nih..

    kalo saya juga sering ketiduran dengan mangku laptop, sangking ngantuknya laptop juga masuk selimut, gak usah pake hitter, musim dingin begini jadi anget.

    BalasHapus
  29. Biasanya baca buku kalo udah kepotong oleh aktifitas laen bawaannya jadi males nerusin... udah gitu suka lupa naroh bukunya..he..he..

    BalasHapus

mariiiiiiiii