Selasa, 17 Februari 2009

I lOvE MiNe..YoU LoVe.. YoUrS..sO pisssss

Aku membaca blog dr bloger salah satu negara tetangga kita, yg memberitahukan ada sebuah blog, dari bloger kita yg anti negaranya.(pelan2 bacanya..agak belibet memang hehe..)

Maaf aku nggak mau gamblang coz sangat sensitif.Aku cuma mau bilang..Kadang kebebasan berbicara dan berpendapat melahirkan kritikan pedas bahkan sangat2 pedas,Apalagi menyangkut nasionalisme.
Kebebasan berbicara di kita memang lahir dan berkembang lebih dulu di banding tetangga kita.Harapannya mata dan telinga kita sedikit banyak lebih terlatih toh.. dan pada akhirnya kita spt punya kedewasaan tertentu untuk mencerna sebuah kritik.Bahkan untuk suatu kritikan yg maha pedas sekalipun.

Menurutku kritikan yang pedas berdasarkan fakta dan riset akan lebih berdasar di banding asal bunyi.Nah kritikan pedas apa pun isinya sebaiknya di jawab/di sanggah dengan hak menjawab/kritik balik (terserah jawabannya/kritik baliknya mo ikut2an pedas..bebas aj)yg berdasar pada fakta juga.Jadi kita harap bukan perdebatan kusir semata, yg saling menyakiti perasaan nasionalisme masing2. Apalagi saking puanasnya, membalas kritikan dengan kata kata kotor yg sangat sangat sangat tidak berdasar, apalagi sampe menghina sedemikian rupa yg jauh dari konteknya.

Terus terang aku agak mendidih jg.Sejelek2nya kita toh ini tanah yg kita pijak,kita makan dan minum di tanah ini.Sekelam2nya langit kita toh kita rela menjujungnya. Dan biar kita secara ekonomi tak lebih baik..tapi secara politik, kebebasan berpendapat, kebebasan berekspresi, kupikir kita tidak lebih buruk..(kalau bilang kita lebih maju tar di kira sombong bro..) So.. kalau kita merespon kata2 kotornya..kupikir kita tak akan menemukan kata yg lebih kotor dr itu.Dan akan kotor juga wajah yg coba kita basuh..

Saya cuma bisa bilang..kritikan pedas sangat berbeda dengan menghina..secara pribadi, saya menyampaikan salam damai untuk sahabat sahabat serumpun.. Maap apabila suatu kritikan begitu menyakitkan..(lom terbiasa kali yee)tapi membalasnya dengan hinaan saya pikir sangat tidak bijaksana..

Jhon Lenon...... Lu dimana seeeeeeh...!!!! Imagine lu ditelen siapa ya....

14 komentar:

  1. yes..
    right or wrong its my country,
    wajib dibela dan dipertahankan untuk berkembang menjadi lebih baik...

    BalasHapus
  2. kok terlintas kea arahh sini teh postingnya....enek ye...! merasakan juga teh.

    BalasHapus
  3. Kritik sepanjang didasari oleh niat baik dan diekspresikan secara santun apalagi dilengkapi dengan saran perbaikan tentu akan menyenangkan siapapun yang dikritik.

    BalasHapus
  4. mengkritik, bebas mngutarakan pendapat, itu baik dan sah bila kita berada di bangsa yang menyandang demokrasi. Tapi jika mencaci maki bahkan dengan kata-kata kotor, adalah prilaku yang dangkal. Perlu mengolah diri dengan terapi nurani.
    Mencaci maki bangsanya sendiri tak lebih membasuh muka pada air yang sangat kotor.
    Semoga seseorang yang sebangsa itu (pencaci)lebih banyak belajar tentang hakikat tata cara, adat istiadat, prilaku bangsanya sendiri. Semoga.....

    BalasHapus
  5. Aku membaca blog dr bloger salah satu negara tetangga kita, yg memberitahukan ada sebuah blog, dari bloger kita yg anti negaranya.(pelan2 bacanya..agak belibet memang hehe..)

    = siapa yg punya blog ya??? hmm... ingin tahu. bg saya, d negara manapun kita tinggal masing2 ada kelebihan dan kekurangannya.

    -teringin ke Jakarta dan menjelajah seluruh indo... tentu panoramanya indah... bukankah begitu??- impian ku blm tercapai.

    BalasHapus
  6. hmmph...
    kritik dan intrsopeksi diri itu mebangun orang menjadi lebih dewasa..
    moga bangsa kita makin keyeennn..makain maju biar orang ga bisa ngritik lagi.... 'amiin'

    BalasHapus
  7. kedewasaan seseorang itu terlihat dari caranya menghadapi 'serangan'. panik hingga membuat gerakan-gerakan tidak perlu atau malah stay cool dan tetap menanggapi dengan elegan.

    marah tidak mesti beringas, dan kalem bukan berarti loyo...

    peace.. :D

    BalasHapus
  8. cinta damai, dkritik kalo membangun oke tapi kalo dcaci maki, dhina sampe diinjak2 ehm liat2 dulu yah tapi kayanya no way deh...

    BalasHapus
  9. lha kalau yang diomongin orang luar terhadap negara kita tentang: negara banyak koruptornya.. emang iya, ada teroris..bener juga, lalulintas semrawut ...yoi,

    tapi mari kita sama2 benahi mulai dari diri sendiri. Misalnya ...nggak nyambi ngeglog bila sedang kerja.

    Ups...., saya kerja dulu ah....

    BalasHapus
  10. See U again ... Listen and download our new song --> CHaPTeR 2 - "AKU ANAK MELAYU !!!" ... FoR FRee ..:)

    BalasHapus
  11. hinaan di balas hinaan seperti membersihkan kotoran dengan kotoran,
    akan semakin kotor dan semakin sulit untuk dibersihkan.,.,.

    BalasHapus
  12. PERDAMAIAN itu sangat indah mbak,,, dan kita semua sangat menginginkannya,,, hihihi,,,

    BalasHapus

mariiiiiiiii