Selasa, 28 April 2009

PrAmOeDyA aNaNtA tOeR



Hari ini aku ingin mengenang sehari menjelang detik2 kepergian maestro sastra Pramoedya Ananta toer 3 tahun lalu..

Pram.. tahukah engkau, pertama kali aku terjerat untaian kata2 membumimu adalah saat kubaca Percikan Revolusi subuh.
Entah kedalaman apa yg merasuki kepalanya, hingga bisa begitu menyentuh. Pram menggambarkan kepedihan tanpa perih.. Dia melukiskan tanpa bumbu tapi bulu kuduk tanpa sadar berdiri dan hati tersayat merasakan pedihnya. Untaiannya tidak rumit, sederhana tapi sarat makna yg terkandung. Aku pernah harus menghentikan membaca hanya untuk menarik nafas karena sesak. Hebat.. Belum lagi karyanya Bumi manusia dan Anak semua Bangsa. Piawai sekali kalimatnya menuntun kita pada detil peristiwa tanpa bertele- tele. Aku tak terlalu takjub bila karya itu keluar di kondisi jaman spt sekarang.Tapi bayangkan Pram hidup di masa dimana semua kebebasan di belenggu..

Aku tak peduli dia punya sisi gelap hingga salah satu award yg disandangnya di protes (dikroyok) sastrawan lain. Kalaupun Tudingan itu benar adanya, Kupikir melengkapi sisi manusianya. Bukankah setiap orang memiliki sisi gelap.. toh tidak mengurangi kemegahan karyanya. Toh negara2 lain di luar sana menghujaninya dengan berbagai award prestisius.Bahkan namanya di sentuh calon penerima nobel sastra ( dia bahkan menolak di nominasikan).

Detik ini aku bercumbu dengan kenangan pertama aku terpikat karyamu..
Selamat jalan sastrawan besarku..

25 komentar:

  1. seakan tidak percaya ketika mendapat email pada malam itu, bahwa begawan satu ini telah meninggalkan kita...

    BalasHapus
  2. Gugur sudah satu lg sastrawan hebat bangsa. Siapa yg akan menggantikannya.

    BalasHapus
  3. wah jengri mau ikutan bercumbu dengan semua karya Pak Ananta juga ah. thanks dah posting nih ya say.

    BalasHapus
  4. saya ketinggalan jaman nih mba, saya belum mengenal pa Ananta, semoga beliau diberikan sesuatu yang lebih baik setelah ini ...

    BalasHapus
  5. Iya neh....aku tahunya istilah pramisme doang...
    katanya agak kontroversial gimana gitu mbak..
    jadi pengin tahu pak pramoedya ini...
    makasih mbak....

    BalasHapus
  6. KAPAN MENINGGGALNYA? KOK AKU GAK TAU???

    BalasHapus
  7. wah jelas saya telad masalah satu ini :(

    BalasHapus
  8. mba, gak ada shotmixnya ya, jadi post di sini, maaf ya :D,

    nah itu dia dilemanya mba :), kan rokok bermata dua :D

    BalasHapus
  9. hahahhaha.. sori deeeeeee gag sengaja menuh2in page pake gambar walhasil jd berat buat yg laen...
    maap deee.... trus lalatnya udah pada pegih kan ??? :(

    BalasHapus
  10. Untuk ini aku ketinggalan mbak,but your comment udah aku bikin posting...see ya

    BalasHapus
  11. pak pram, dikritik tapi disuka. apa disuka karena terlalu sering dipasung?

    BalasHapus
  12. selamat jalan pa pram.. karyamu sungguh berharga, takan lekang oleh waktu..

    BalasHapus
  13. Meskipun aku ga tau siapa yang namanya Pram itu, tapi aku bisa merasakan betapa mengaguminya mbak pada karya2nya.

    BalasHapus
  14. aku ngga kenal betul profil beliau..
    kok kepergiannya tempo hari ngga di beritakan media...

    BalasHapus
  15. karena nila setitik, rusak lah susu sebelanga. begitulah yang terjadi pada pram...., mungkin mungkin saja tidak, aku hanya menduga kira setelah baca artikelmu ini

    BalasHapus
  16. Beliau ini salah satu "Bapak" Bagi saya.

    BalasHapus
  17. Pram adalah sosok yang kontroversial, karya-karyanya besar namun keterlibatannya dengan Lekra di era Orde Lama membuat beberapa karyanya dicekal pemerintah ...

    BalasHapus
  18. percikan revolusi dan subuh, maksudnya? :P

    pram memang selalu kontroversi..

    BalasHapus
  19. mbak, bisa bantu saya nggak? saya msh berburu buku2 Pram di antaranya : Arok Dedes dan Arus Balik, di mana bisa mendapatkannya ya?

    BalasHapus
  20. @suryaden
    hiks...
    @rampadan
    Negri kita kaya dg sastrawan hebat..
    @blog anak nelayan
    idem..
    @J O N K
    amin..
    @buwel
    setiap jaman melahirkan generasinya sdri..
    @usman & genialbutuhsomay & Rastafarian
    gpp..sp th bis ni buka cakrawala baru ya..
    @sibaho way
    kupikir kata2nya mang berkilau..
    @Edo dot Com
    yups
    @Fauzan
    pram salah satunya..
    @ifoell
    kyknya beritanya lumayan terekspos deh, mungkin dr mu pas ga liat/baca aj..
    @TRIMATRA
    kl pun itu nila kupikir tak merusak dedikasinya terhadap sastra indonesia bro..
    @rco
    seeep
    @joe
    ta ada gading yg ta retak..
    @goresan pena
    yupz
    @tetralogi-pulau-buru-pramoedya-ananta-toer
    aku ada semua sih hehe but th lah sesama penikmat pasti berat lepasin hehe.. tp cb di kwitang ato pasar2 buku bekas..kadang kt ga nyangka nemu "sesuatu"..aku masih hunting jg "sepasang sepatu lars"

    BalasHapus
  21. just info aja mbak. buku Arok Dedes saya sdh dapatkan, kmrn mulai dipajang di Gramed, terbitan Lentera Dipantara.

    BalasHapus
  22. aq selalu tgiang kata2 beliau dlm video "the new rulers of the worl: " Negara yang begitu kaya raya, Diubah menjadi negara pengemis..."

    BalasHapus
  23. Tetralogi...
    Bumi Manusia
    Anak Semua Bangsa...
    Jejak Langkah...
    Rumah Kaca...

    Arus Balik...
    Arok Dedes...

    Aaaahhhh..., semoga engkau masih terus berkarya dari dalam kuburmu....

    BalasHapus

mariiiiiiiii