Minggu, 15 Agustus 2010

DeBu.. KeMaNa AnGiN mEmBaWa..


Bulan Ramadhan identik dengan lagu-lagu religi yang berniat menggetarkan hati insannya pada sang Khaliq ataupun sekedar mencoba perutungan. Dari puluhan artis yang berlomba mengeluarkan album relegi, ada Debu yang menggelitik untuk dibahas.Bukan karena tampang tampang bulenya yang menawan, berjubah panjang serta fasih berbahasa kita. Hanya saja mendengar album terbarunya “dianggap Gila” ada nuansa berbeda dari album album sebelumnya yang kental irama gambus itu..belum lagi lirik yang lumayan membuat pusing karena amat riweuh ( susah ) dipahami. Meskipun dah bolak balik dibaca sampai jereng nih mata..

Lagu dianggap gila ini lumayan ngobral patren,dibanding sebelum-sebelumnya yang cenderung menoton. Dilagu ini mereka mulai berani ngeramu hip hop, rock, dan jazz swing.. patren duet samberan- samberan sitar dan basnya mengingatkanku pada nomor jazz nya michael frank Can't Seem To Shake This Rock 'n Roll (wah jaman SMP lagu ini membuatku tergila2) duet gitar ma basnya nyamber-nyamber juga.Tapi itu dari segi nuansa lho.. dari segi sound, sama sama ambil ambience doff. Jelas berbeda doff jaman dulu ma sekarang. sound sekarang kan lebih tajam.. Jenis patren begini kalau live meski konsen kali ya, mleset satu not dan satu ketuk tempo aja pasti bubrah hihi.. tapi, biar ruwet enak dinikmati kok.

Nah kalau liriknya, kali ini lumayanlah kebayang.. mungkin sebelumnya karena mereka orang bule, nerjemahin kata-kata inggris dari kepalanya, terlalu lihat kamus bahasa Indonesia. Jadi baku and kaku sekali.. Makin lama disini mereka mungkin lebih luwes menempatkan kata per katanya.. atau bisa jadi mereka memang sengaja lebih “meringankan” liriknya.

Secara keseluruhan lagu ini harus kuakui lebih dinamis dibanding lagu2 mereka sebelumnya, yang agak menoton dan berkesan penuh.Kali ini, biarpun nggak terlalu banyak unsur instrumen tapi dengan pukulan drum seperti itu, nggak minimalis juga.. Asik dah..

nih linknya..
Debu Dianggap gila
http://www.4shared.com/file/101944748/57fc840b/Debu_-_Dianggap_Gila.html

http://listenmusic.fm/track/Can%27t-Seem-to-Shake-This-Rock-%27n%27-Roll-by-Michael-Franks-with-lyrics-45124

Semoga persembahan Debu yang ini bisa membantu menggetarkan hati teman teman yang menjalankan ibadah puasa untuk dekat dengan Sang Khaliq..dan berlanjut ke bulan bulan berikutnya..Amin.. Selamat menjalankan ibadah puasa sobat sobatku yang tengah menjalankan..

25 komentar:

  1. Yayan, stelah kamu cermati, musik ini kira-kira bisa dinikmati ga ya sama aku yang awam ini.

    Tapi kalo lihat instrument mereka : ada biola, ada juga gambus sebagai percussionnya sama apa itu ya gitar 'tanggung' itu, jelas ga perdil yang dimainkan ? jujur aku belum pernah punya album spt mereka, lantas bahasanya apakah arab apakah indonesia ? tks ya

    BalasHapus
  2. ya bener bget debu di kenl dengan lagu2 nya yng islami..., cocolah buat dalam suana puasa bulan ne.., met jalankan kan puasa juga sahabat....

    BalasHapus
  3. catatan akhir:
    wah urusan menikmati sbenernya subyektif sob..kl ak tergantung kopi apa yg lg dihirup.. kalau campur cream biasanya apresiasiku lbih anget hehe.. kalau lirik debu byk juga yg pake bahasa indonesia..

    Andri:
    selamat menikmati sob..

    BalasHapus
  4. Wallah, mau mengamankan PETROMAX ajah susahnya minta ampun!!

    BalasHapus
  5. hmm,,,klo lagu2 rohani di aransemen jadi rock, hiphop, jazz apalgi sampai rada2 ,metal gituh apa ya nyentuh ke pendengar yah?? hoho...nanya doang ma yang ahlinya nih. secara umumnya lagu rohani tuh kan identik pelan dan lamah lambut getoh.

    BalasHapus
  6. tanggal 1 sept bikin review musiknya habib syeikh assegaf dunk,,,*ngarep*

    BalasHapus
  7. trimatra:
    hihi sewa polisi biar aman dunk.. jgn dibayangkan beat yg keras..nggak kok dengerin dl deh

    BalasHapus
  8. Debu.....*wedi kelilipan aku* :D

    BalasHapus
  9. tahun lalu sering di tivi, sekarang sepertinya endak, opo aku sing ra tau nonton tipi ya..

    BalasHapus
  10. Yang terutama, bagi DEBU, musik adalah media dakwah dan syiar Islam, yang sanggup menggugah semangat dan kecintaan pada Ilahi, amat berbeda dengan jenis musik lain yang ada di dunia saat ini.

    BalasHapus
  11. jadi inget jurusnya saint seiya
    debu-debu intan..hehehe

    BalasHapus
  12. salam sobat
    Debu sip banget lagu2 religinya.
    saya suka.
    selamat berpuasa mba.

    BalasHapus
  13. DEBU sangat menggetarkan hati
    untuk mencerahkan jiwa yang kering

    MERDEKA!!!

    BalasHapus
  14. Grup musyik nasyid debu ini memang enak di denger lagunya kek lagi di padang pasir...!
    yg paling mantaff nihh mereka muallaf semua yaahh

    BalasHapus
  15. waaaaaaaahhh q salah satu penggemar debu nich.............lagux haluuussss bgt............cayoooooooo

    salam knl sob

    BalasHapus
  16. Ulasan yang menarik, Debu memang oke ...
    Met berpuasa mbak

    BalasHapus
  17. sebenarnya musik mereka asik, tapi karena musik dakwah itu yang kadang kala suka saya terjemahkan sebagai cerama di musikalisasi heheheh

    BalasHapus
  18. DEBU emang keren banget... salut utk mereka yg telah berhasil menembus dunia internasional

    BalasHapus
  19. hmmm banyak lagu² dari debu yg saya suka meskipun terkadang tata bahasanya masih perlu pemahaman secara cermat hehe
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  20. salute untuk debu, atas konsistensinya ...

    BalasHapus
  21. Salam Kenal dariku, nice artikel :D Sekalian mau bilang Met Puasa bagi yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin :D

    BalasHapus
  22. keren banget nie debu kumpulan mualaf dari berbagai etnis yang berdakwah melalui lagu...

    BalasHapus

mariiiiiiiii